ZINAINAINIANIA

  • Replace This Text With Your Featured Post 1 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 2 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 3 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 4 Description.

Saturday 30 March 2013

# Web Science [Softskill]

Sekarang kami akan menjelaskan lebih jauh , apa sih itu "Web Science"? Apa saja yang ada didalamnya ? Sebelum kami memberikan penjelasan tentang Web Science, kami akan memberikan sedikit pengetahuan kepada Kalian semua, tentang Sejarah Web. 

Sejarah Web

     Pada tahun 1980, Tim Bernes-Lee , kontraktor independen di Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN), Swiss , dibangun Enquire , sebagai database pribadi orang dan model perangkat lunak, tetapi juga sebagai cara untuk bermain dengan hypertext. Setiap halaman baru informasi dalam Enquire harus terhubung dengan halaman yang ada.
     Pada tahun 1984 Berners-Lee kembali ke CERN, dan dianggap permasalahannya presentasi informasi: fisikawan dari seluruh dunia diperlukan untuk berbagi data, dan tanpa mesin umum dan tidak ada perangkat lunak presentasi umum. Dia menulis sebuah proposal Maret 1989 untuk "database hypertext besar dengan link diketik", tapi itu dihasilkan bunga kecil. Bosnya, Mike Sendall, mendorong Berners-Lee untuk mulai menerapkan sistemnya pada suatu yang baru diperoleh NeXT workstation. Ia menilai beberapa nama, termasuk Mesh Informasi, Tambang Informasi (ditolak karena abbreviates ke TIM, pencipta nama WWW).

1. Pre-Web (memex, usenet, gopher, ftp, internet)

    Pre-web adalah dimana era web 1.0 belum muncul, berikut ini adalah contoh" dari pre-web:
  • Memex adalah singkatan dari "memori" dan "index" yang berarti nama hipotetis proto-hypertext sistem yang dijelaskan oleh Vannevar Bush pada tahun 1945 pada artikel bulan The Atlantic, " As We May Think (AWMT)". Bila ingin tahu lebih lanjut bisa langsung ke sini.
  • Usenet adalah User Network dimana sistem diskusi internet yang terdistribusi secara global. Sistem ini dikembangkan dari arsitektur serbaguna UUCP dari nama yang sama. Didalamnya ditampilkan berbagai artikel yang disebut News dalam berbagai topik dan kategori. 
  • Gopher adalah TCP/IP Application layer protokol yang didesain fasilitas untuk memudahkan pencarian, penarikan, dan pengambilan informasi dari server yang mendukung protokol Gopher melalui internet.
  • FTP / File Transfer Protocol adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network/jaringan yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP.

2. Web 1.0, Web 2.0, Web 3.0

  • Web 1.0 masih mengandalkan halaman statis dari tag-tag HTML sehingga pengunjung hanya dapat mencari sesuatu atau yang sering disebut “searching” , dan melihat-lihat “browsing” informasi-informasi yang ada pada web, kita juga tidak dapat memberi komentar apa- apa, karna web 0.1 tidak mendukung aplikasi tersebut. Elemen yang biasa digunakan dalam Web 1.0 adalah: 
    • Halaman Statis;
    • Tombol GIF;
    • dan Framesets
  • Web 2.0 muncul sekitar tahun 2003 atau 2004, dimana para pengguna website-pun dapat berkomunikasi 2 arah dan memiliki berbagai kelebihan lainnya. Pada Web 2.0, sebagai pengunjung Anda dapat melakukan kontribusi dan memiliki hak untuk read-write, di mana Anda dapat berperan aktif pada website tersebut. Istilah “sharing” mulai umum digunakan dalam konsep Web 2.0. Web 2.0 merupakan revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, juga merupakan suatu percobaan untuk memahami aturan untuk mencapai keberhasilan platform baru.
  • Web 3.0 adalah generasi ketiga dari layanan internet berbasis web. Konsep Web 3.0 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001, saat Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web, menulis sebuah artikel ilmiah yang menggambarkan Web 3.0 sebagai sebuah sarana bagi mesin untuk membaca halaman-halaman Web. Web 3.0 berhubungan dengan konsep Web semantik, yang memungkinkan isi web dinikmati tidak hanya dalam bahasa asli pengguna, tapi juga dalam bentuk format yang bisa diakses oleh agen-agen software. Keunikan dari Web 3.0 adalah konsep dimana manusia dapat berkomunikasi dengan mesin pencari. Kita bisa meminta Web untuk mencari suatu data spesifik tanpa bersusah-susah mencari satu per satu dalam situs-situs Web. Web 3.0 terdiri dari:
    • Web Semantik;
    • Format Mikro;
    • Pencarian dalam bahasa pengguna;
    • Penyimpanan data dalam jumlah besar;
    • Pemebelanjaan lewat mesin;
    • dan Agen rekomendasi, yang merujuk ke arah kecerdasan buatan Web.
          Mau lihat lebih lanjut cek disini :) dan disini.

3. Web Science & Metodologi Web Science

    Apakah kalian tau Web Science? Web Science terdiri dari "Web" dan "Science", Web adalah suatu alat komunikasi online yang menggunakan media internet dalam pendistribusian atau penyebarannya. Dan Science itu sendiri adalah aktivitas pemecahan masalah yang dilakukan oleh manusia yang dimotivasi oleh rasa ingin tahu tentang dunia sekitar. Jadi, Web Science adalah ilmu yang mempelajari tentang efisiensi dari sebuah web, agar dapat dirasakan manfaatnya pada banyak bidang didalam kehidupan sehari-hari.

   Langsung saja kita jelaskan Metodologi pada Web Science, metodologi ini akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi. Sehingga akan mengkombinasikan sintesis dan analisis. Mempertimbangkan perkembangan Web yang membawa ke sisi positif (seperti Peer to Peer) ataupun ke arah negatif (seperti phishing). Kontribusi terhadap pengembangan adalah tujuan utama dari Web Science.Adanya web science menekankan pada perkembangan Web itu sendiri dan pengembangannya,mendukung untuk ubiquity, mobility, new media dan meningkatnya jumlah data yang tersedia secara online, karena web bersifat sosial, maka privasi harus dikedepankan.

Dan di Point berikutnya kami akan menjelaskan tentang Arsitektur Web & Aplikasi Utama disini :)

My Team :


Sumber :


1 comment:

  1. makasih kawan udah dijoin... ^^

    happy walk blogging..

    ReplyDelete